Let's To Be Entrepreneur

Let's To Be Entrepreneur

Sunday, March 30, 2014

Fungsi dan Model Peran Wirausaha

Mungkin sebagian dari anda memang sudah ada yang menjadi seorang wirausaha. Tetapi ada juga yang belum dan tidak berkeinginan menjadi seoang wirausaha.
Menjadi seorang wirausaha memang bukan hal yang mudah. Apalagi dapat mempertahankan kelangsungan usahanya sampai dengan jangka panjang. Tapi apakah anda tidak merasa tertantang untuk itu?
Disini saya akan membahas tentang Fungsi dan Model Peran Wirausaha, semoga dapat menimbulkan jiwa anda untuk berwirausaha dan dapat bermanfaat.

Dilihat dari lingkupnya wirausaha memilki dua fungsi, yaitu:
A.Fungsi Makro

Secara makro wirausaha berfungsi sebagai: penggerak, pengendali dan pemacu perekonomian dalam suatu bangsa. Bahkan wirausahalah yang menciptakan lapangan-lapangan pekerjaan, sehingga dapat mengurangi tingkar pengangguran.
Secara kualitatif fungsi makro ini diperankan oleh usaha kecil. Berikut adalah peranannya dalam perekonomian nasional:
1. Usaha kecil memperkokoh perekonomian nasional yang berperan sebagai fungsi pemasok, fungsi produksi, fungsi penyalur, dan pemasar bagi hasil produk-produk industri besar

2. Usaha kecil dapat meningkatkan efisiensi ekonomi khususnya dalam menyerap sumber daya yang ada

3. Usaha kecil yang dipandang sebagai sarana pendistribusian pendapatan nasional, alat pemerataan dalam berusaha dan pemerataan dalam pendapatan


B. Fungsi Mikro
Secara mikro peran wirausaha adalah penanggung jawab risiko ketidak pastian, mengkombinasikan sumber-sumber ke dalam cara yang baru dan berbeda untuk menciptakan nilai tambah dan usaha-usaha baru.
 
Menurut Marzuki Usman dalam menja-lankan fungsi mikronya wirausaha memiliki 2 peran yaitu :

1. Sebagi penemu (inovator), berperan:
      - menemukan produk baru
      - menemukan teknologi baru
      - menemukan ide baru
      - menemukan organisasi usaha baru
2. Sebagai perencana (planer),  berperan dalam merancang:
  -  perencanaan usaha
  -  strategi perusahaan
  -  ide-ide dalam perusahaan
  -  organisasi perusahaan

Bila ditinjau kewirausahaan itu memang sangat menguntungkan untuk diri sendiri dan menolong orang lain juga. Jadi marilah kita sebagai generasi muda menciptakan ide - ide, inovasi, dan kreasi mulai dari sekarang untuk berwirausaha untuk menolong bangsa kita sendiri tentunya. Akan tetapi bila dilihat secara persaingan memang tidah mudah. Terutama dalam konteks persaingan global yang semakin terbuka seperti sekarang ini, banyak tantangan yang harus dihadapi. Negara yang unggul dalam sumberdayanya akan memenangkan persaingan. Untuk itu kita harus memiliki cara agar kita memenangkan persaingan. 

Prasyarat Penting Untuk Memenangkan Persaingan


No comments:

Post a Comment